Sabtu, 23 Februari 2013

Cara Mempercepat Koneksi Modem SmartFren


Cara Mempercepat Modem Smartfren - Selamat malam semuanya, malam-malam gini enaknya ngeBlog ditemani segelas susu hangat ditambah roti bakar hehehe. Tapi sayang modem yang saya pake ternyata kurang cocok dengan keadaan ditempat saya tinggal, akhirnya saya tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Gini ceritanya, dulukan ada teman yang punya modem smart AC682 Rev.A, trus saya nyobain ol pake modem teman saya tersebut. Ternyata kecepatannya lumayan untuk ukuran modem dengan harga Rp.199rb tersebut. Terus akhirnya sayapun ikut tertarik untuk membelinya. Ternyata waktu saya membeli modem tersebut, saya lupa menanyakan apakah daerah saya sudah terjangkau oleh jaringan evdo atau sebaliknya. Dan tanpa pikir panjang saya langsung membelinya, eh ternyata pas saya coba dirumah ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
1. Saya hanya dapat sinyal evdo dua bar
2. Settingan komputer dan modem saya yang kurang maksimal
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah berikut? apakah saya punya solusinya? jawabannya "YA" tentu saya punya solusi untuk lebih mengoptimalkan performance modem saya tersbut. Berikut cara-cara yang saya lakukan :
1. Saya memakai Kabel Data Exstension sepanjang 3 meter untuk melakukan perpanjangan modem
    supaya saya dapat sinya evdo lebih maksimal, lalu saya tarus wajan tersebut di tempat yang lebih
    tinggi.
2. Kemudian saya letakan wajan tersebut ditempat yang lebih tinggi agar sinyal yang kita dapat lebih
    baik dari sebelumnya.
3. Setelah saya melakukan cara-cara diatas akhirnya saya mendapatkan sinya evdo 3 bar ( lumayan -
    betrambah satu )
4. Dan masalah minim sinyal sudah teratasi. CLEAR!!! 
Nah sekarang tinggal mengatasi masalah yang satunya lagi, yaitu mengotimalkan settingan komputer dan pada modem smartfren kita, caranya seperti berikut :
1. Atur bandwidth agar kuota bandwidth yang digunakan oleh microsoft yang jumlahnya +- 20%
    dialokasikan semuanya untuk internet kita caranya :
    a. Klik "Start
    b. Pilih "Run"
    c. Lalu ketikan perintah "Gpedit.msc"      ( tanpa tanda kutip )
    d. Lalu akan muncul window baru namanya : "Local Group Policy Editor"
    e. Pada "Local Group Policy Editor" klik 2x pada "Computer Configuration"
    f. Selanjutnya klik 2x pada "Administratif Template"
    g. Lalu klik 2x pada "Network"
    h. Lalu disitu sobat akan melihat beberapa pengaturan dan sobat cari pengaaturan yang bernama
        "Qos Packet Scheduler"
    i. Selanjutnya sobat klik 2x pada "Limit Outstanding Packet"
    j. Lalu sobat ubah settingannya dari "Not Configured" menjadi "Enable" lalu ubah angka yang 
       terdapat pada box "number of packet" menjadi "0" lalu tekan "Apply" dan "Ok" selesai.
Langkah memaksimalkan bandwidth sudah selesai, langkah selanjutnya adalah setting akun Dial Up Modemnya. Ikuti langkah-langkah berikut :
1. Jalankan "Smartfren Connex AC682 UI"
2. Ganti settingan modem seperti berikut :
Phone              :   *31*11111#
User                 :    smart
Password         :    smart
mode                :  EVDO
Checklist pada settingan  :  CHAP
Checklist "Use DNS" dan isikan DNS seperti berikut :
DNS                   :  208.67.222.222
Alternate DNS   :  208.67.220.220
Jika sudah, silahkan  koneksikan modem smartfren sobat seperti biasa, jika modem sdak terhubung ke internet, langkah selanjutnya adalah melakukan "ping" ke DNS utama / Primary DNS yaitu 208.67.222.222. Caranya :
1. Klik "Start"
2. Pilih "Run"
3. Lalu ketikan perintah berikut "ping 208.67.222.222 -t"  lalu tekan tombol "Enter" pada keyboard. ketikan perintah berikut tanpa tanda kutip.
4. Lalu akan muncul jendela "command promt" dan biarkan jendela "command promt" berjalan, jangan ditutup. OK
5. Selesai.

0 komentar:

Poskan Komentar